Virus, trojans, malwares dan spywares akan terus menyerang sistem komputer Anda. Perangkat lunak antivirus adalah hal yang terpenting untuk memberikan perlindungan keamanan bagi melindungi komputer dari serangan virus, trojans, malwares dan spywares.
Tanpa memasang antivirus pada komputer, kita akan mendapatkan kesempatan diserang atau terinfeksi oleh virus, trojans, malwares dan spywares akan sangat tinggi terutama komputer yang terhubung ke internet. Sementara itu, hal yang disebabkan kerusakan oleh virus, trojans, malwares dan spywares tidak dapat diprediksi apakah file pada komputer Anda atau komputer akan lambat.


Jadi, menginstal perangkat lunak antivirus merupakan hal yang wajib dilakukan. Ada banyak antivirus yang bagus. Dibawah ini ada beberapa antivirus yang bagus dan gratis.
avira-antivir1. Avira Anti-Vir Personal: Versi bebas dari Avira Anti-Vir AntiVirus hanya digunakan untuk pribadi dan non-komersial. Antivirus ini menawarkan keamanan yang handal bagi komputer anda untuk perlindungan terhadap virus berbahaya, worm, Trojans dialer dll serta menawarkan pemantauan yang real time keamanan komputer Anda.
avg-free-antivirus-edition2. AVG Anti-Virus Free Edition: Adalah salah satu antivirus yang paling populer dengan lebih dari 70 juta download. Fitur yang diberikan oleh antivirus ini meliputi Anti virus, anti spyware dan Menjaga sewaktu kita melakukan browsing. Ditambah lagi, real time akan pemantauan keamanan dan update definisi virus setiap hari.
avast-home-antivirus3. avast! Home Antivirus: Salah satu anti virus favorit dengan jutaan pengguna di seluruh dunia. Berlisensi Gratis untuk penggunaan pribadi dan non-komersial. Avast gratis anti-virus perangkat lunak yang tersedia menyediakan perlindungan yang lengkap terhadap ancaman keamanan. Ini penuh dengan fitur keamanan paket antivirus memiliki fitur berikut: Built in Anti-spyware, Anti-Rootkit, Web shield, Strong self protection, P2P dan IM shield, Anti-Virus kernel, resident protection, Network shield, Automatic update, System integration, Windows 64 bit support, Integrated Virus Cleaner.
bitdefender-free-antivirus-edition4. BitDefender Free Anti Virus Edition: Antivirus ini Gratis untuk penggunaan pribadi. Bitdefender edisi gratis ini juga memiliki kemampuan yang sama bersertifikat ICSA Labs seperti pada versi Pro.
clamwin-free-opensource-antivirus5. ClamWin Anti-Virus: Open source AntiVirus di bawah lisensi GPL ini kompatibel untuk semua versi windows seperti Windows 98/Me/2000/XP/2003 dan Windows Vista. Fitur yang ditawarkan dapat mendeteksi virus dan spyware; secara otomatis mendownload untuk memperbarui Virus Database.
comodo-free-commercial-antivirus6. Comodo Anti-Virus: Sebelumnya merupakan produk antivirus komersial dan sekarang menjadi antivirus edisi gratis untuk pengguna pribadi dan penggunaan komersial. Comodo Antivirus juga memiliki kemampuan seperti produk Antivirus komersial. Antivirus ini menawarkan real time scan dan update otomatis yang memberikan perlindungan dua puluh empat jam, pemindaian email, dan worm blocking.
drivesentry7. DriveSentry Anti-Virus and Anti-Spyware: DriveSentry adalah perangkat lunak gratis anti virus untuk penggunaan rumah yang menawarkan fitur Anti virus dan Anti spy ware dari Malware, virus dan Trojan. Ditambah lagi, adanya real time scan yang memberikan perlindungan dan fasilitas enkripsi data.
pc-tools-free-antivirus8. PCTools Antivirus : dengan PC Tools AntiVirus yang gratis ini, anda terasa dilindungi terhadap ancaman paling jahat dalam dunia cyber yang mencoba untuk mendapatkan akses ke PC dan informasi pribadi. Antivirus ini akan melindungi PC dari Virus, Worm, Trojan, IntelliGuard Protection, file guard and email guard.
blink-personal-free-anti-virus9. Blink Personal : Sebuah antivirus yang menggabungkan semua fitur seperti Antivirus dan Anti spyware, Anti root kit, Built-in Firewall protection dan Identity protection. Jadi sangat bagus buat dicoba. Dengan All In One tersebut kita dapat melindungi PC dengan maksimal.
rising-free-antivirus-edition10. Rising Antivirus : Rising Antivirus Free Edition adalah anti virus menyediakan solusi yang sama tingkat kemampuan deteksi dan perlindungan maksimal. Antivirus ini akan melindungi komputer terhadap semua jenis Virus, Trojans, Worm, rootkit dan program jahat lainnya. Selain itu juga membeTegar Aplikasi Perlindungan terhadap informasi account, seperti: bank online, game online, MSN, E-mail account, Yahoo Messenger dan informasi pribadi lainnya. Ditambah lagi, Rising Antivirus adalah antivirus produk cina.