WILAYAH pantai di Jepara terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Hampir semua pantai berpasir putih dan menarik dijadikan tempat wisata. Saat ini pantai dengan keindahan pasir putih tersebut baru Bandengan yang dikembangkan sebagai lokasi wisata oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. Padahal ada puluhan pantai dengan pasir putih yang sama indahnya yang belum dikelola.

Salah satunya di Pantai Empu Rancak, Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo. Pantai ini masih terlihat sepi, sebab memang belum banyak yang mengenal wilayah ini. Namun sejak empat tahun terakhir, kawasan ini sudah mulai dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Dengan memanfaatkan keindahan pantai dan tumbuh-tumbuhan rimbun di sekelilingnya, beberapa warga memanfaatkannnya sebagai warung makan. Saat ini ada empat warung makan yang berdiri di lokasi tersebut.

Petinggi Desa Karang Gondang Markadi, mengatakan jika Pantai Empu Rancak itu telah dikelola desa sejak 2006 lalu. Sebelumnya lokasi itu hanya berupa semak dan sering dijadikan tempat nongkrong warga yang membutuhkan ketenangan.

''Sudah empat tahun ini lokasi ini kami tata. Sebelum digunakan sebagai tempat yang tidak baik, mendingan kami buat untuk warung makan dan tempat melepas lelah,'' kata Markadi.

Untuk membatasi aktivitas yang melenceng dari aturan, selaku pemegang pemerintahan di Desa itu, Markadi sudah membuat aturan, bahwa pantai Empu Rancak hanya boleh untuk didirikan warung makan, bukan tempat karoaoke atau tempat minum seperti di pantai lain.