robot-anjing-penjaga-rumah-terbaru-dari-jepang
robot-anjing-penjaga-rumah-terbaru-dari-jepang
Baru-baru ini, sebuah perusahaan peralatan keamanan Tsumk di Jepang mengeluarkan produk robot anjing. Robot ini dapat langsung menghubungi si pemilik rumah melalui telepon kamera bahkan mengirim langsung wajah si pencuri. Robot ini memanfaatkan teknologi video-phone.
Teknologi robot di Jepang terus berkembang dan semakin canggih. Teknologi robot terbaru ini berbeda dengan robot sebelumnya yang bisa bersuara. Ia didesain tidak bisa menggongong maupun menggigit. Namun soal kemampuannya menjaga keamanan rumah dari pencuri, tetap dapat diandalkan.
Robot yang diperkenalkan ke publik di Tokyo, Jepang, baru-baru ini, dapat langsung menghubungi si pemilik rumah melalui telepon kamera bahkan mengirim langsung wajah si pencuri. Hal itu bisa dilakukan karena robot ini dilengkapi piranti sensor yang mampu mendeteksi adanya penyusup atau pencuri yang masuk ke rumah. Kelebihan lainnya, robot anjing ini dapat mengecek keadaan hewan peliharaan, anak-anak di bawah lima tahun (balita) maupun orang lanjut usia yang tinggal di dalam rumah.
Robot ini dibuat dengan memanfaatkan teknologi canggih generasi ketiga video-phone. Robot dapat disimpan di samping tempat tidur sebagai pajangan jika tidak digunakan. Dan yang lebih menarik lagi, harga robot ini jauh lebih murah ketimbang robot serupa generasi pertama. Robot ini dilepas ke pasaran sekitar 300 ribu yen atau senilai Rp 27 juta